Salah satu pesona wisata di Lombok yang terkenal akan keindahannya adalah Sendang Gile Waterfall. Trip wisata kamu di pulau ini tidak akan lengkap sebelum berkunjung ke sini. Koleksi air terjun di pulau ini jumlahlah bisa mencapai ratusan baik ukuran mini ataupun dengan debit air yang sangat besar.

Kondisi wilayah yang subur dan memiliki banyak cadangan air tanah maupun sumber mata air membuat objek wisata yang satu ini selalu dapat dikunjungi wisatawan. Kebanyakan lokasinya berada dekat atau dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sehingga berlibur dan mencari kesegaran alami di tempat ini memang cocok untuk mengatasi beragam kepenatan.

Sendang Gile Waterfall memang bukan satu-satunya destinasi wisata yang menawan di Lombok. Saking begitu banyak keindahan dan pesona yang ditawarkan sampai ada seorang penikmat alam menerbitkan buku berjudul “Waterfall Journey” dan memasukan banyak list air terjun di Lombok.  Lalu apakah yang membuat satu ini menjadi favorit juga unik menurut wisatawan?

Akses dan Lokasi yang Mudah

Alasan pertama wisata Sendang Gile Lombok begitu diminati adalah lokasi dan aksesnya yang mudah ditempuh dibanding tempat lain. Berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok utara akses ke sini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan menaiki tangga. Untuk yang belum tahu, kebanyakan dapat dinikmati setelah kamu melakukan sedikit pendakian karena letaknya bukit dan gunung.

Wisatawan yang akan berkunjung ke sini cukup berjalan menaiki 1000 anak tangga mulai dari pintu masuk hingga ke lokasi air terjun. Ketinggian anak tangganya sekitar 40 meter. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jembatan untuk melewati lembah yang memakan waktu 15 menit. Perjalanan menanjak ini harus dilakukan mengingat letaknya yang berada di kaki gunung tertinggi di Nusa Tenggara Barat.

Pesona Menawan Air terjun

Untuk menikmati pesona Sendang Gile Lombok yang kebetulan berdampingan dengan Tiu Kelep, kamu cukup membayar Rp.5.000 untuk karcis masuk. Jika kamu berada dari luar wilayah ini dan ingin menyewa tour guide, cukup mengeluarkan biaya kurang lebih Rp.50.000. termaksud biaya yang murah untuk menikmati alam yang segar juga mendapatkan spot foto nature.

Sebagai  air terjun yang dijadikan tempat wisata, Sendang Gile Waterfall berada pada ketinggian 486 mdpl dengan tinggi 30 meter. Ketinggian ini membuat kamu bisa menikmati sensasi seperti ditotok atau  dipijit tetesan air. Ini adalah jenis pijatan alami dari alam yang bisa membuat lebih rileks dan segar. Jika tidak ingin cuma main air, cobalah untuk berenang ke area kolam air yang sedikit dalam.

Tidak lupa lokasinya yang berada di ketingian dan kawasan taman nasional akan menyajikan alam hijau yang menyejukan mata. Pepohonan maupun semak hijau di sekitar dinding sekitar kolam dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan momen keluarga dengan foto bersama ataupun selfie.

Mitologi Air terjun

Wisata Sendang Gile Lombok ini memiliki cerita tersendiri dari masyarakat sekitanya. Namun, bukan cerita horor ataupun menyeramkan. Berdasarkan cerita rakyat, air terjun ini dulunya dinamakan Batu Ko (batu kerbau). Seperti dalam cerita dongeng Lokasi ini disebut merupakan tempat bidadari mandi ketika turun dari kayangan.

Versi lain mengatakan bahwa namanya berasal dari sesorang yang tidak sengaja menemukannya saat berburu singa di alam hutan. Singa tersebut telah mengahancurkan desa sehingga diusir ke hutan. Warga setempat pun menyebut lokasi ini dengan singa gila.

Sendang Gile di Lombok ini menyimpan banya cerita, terutama tentang keindahannya. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Lombok tanpa mampir ke tempat ini. Tidak perlu khawatir, perkembangan zaman membuat Sendang Gile yang merupakan objek wisata di Lombok ini mudah dicari wisatawan.