Wisata di Lombok memang tidak pernah habis menyuguhkan destinasi wisata yang indah dan juga menarik untuk dikunjungi. Tidak heran jika Lombok menjadi tujuan utama para wisatawan saat tiba musim liburan dan mungkin Kamu salah satunya. Alam yang masih terjaga dengan baik membuat berbagai destinasi di Lombok pun masih terbilang asri.

Jika Kamu sedang mencari destinasi wisata alam yang masih asri, menarik dan memiliki pemandangan yang menawan, maka Bukit Selong adalah jawabannya. Sebagian dari Kamu mungkin sudah familiar dengan destinasi yang satu ini karena memang Bukit Selong sudah terkenal di kawasan Pulau Seribu Masjid dan berikut ulasan lebih lengkapnya.

Pengembangan Bukit Selong

Sebelumnya, Bukit Selong belum dikenal sebagai destinasi wisata karena para wisatawan lebih tertarik dengan keindahan Gunung Rinjani, Pusuk, dan lainnya. Namun, pada tahun 2016, pemerintah dan masyarakat mulai melakukan pengembangan perbukitan di Sembalun ini sebagai destinasi dimana sebelumnya, bukit ini sudah dikelola oleh Kelompok Karang Taruna Desa Sembalun Lawang di tahun 2009.

Setelah pengembangan tersebut, wisata Bukit Selong pun makin dikenal, bahkan menjadi salah satu bukit yang begitu populer. Bukit ini juga sudah dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Bukan hanya panorama alamnya yang mampu memikat hati siapa saja, tapi juga deretan rumah adat Desa Beleq yang juga menarik untuk dilihat.

Lokasi Bukit Selong

Bukit Selong ini berada di Desa Sembalun Lawang, Sembaling, Lombok Timur, NTB. Kamu bisa melakukan perjalanan dari Kota Mataram menggunakan kendaraan beroda dua atau pun empat. Umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 2-3jam untuk bisa sampai ke lokasi tujuan. Kamu bisa memanfaatkan peta Google Maps untuk memberikan petunjuk arah menuju lokasi Bukit Selong.

Selama perjalanan, Kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan karena pemKamungan perbukitan yang indah dan keunikan rumah adat masyarakat setempat akan menemani Kamu selama perjalanan. Jika Kamu sudah melihat pemKamungan hutan bambu dan hutan belantara yang sangat lebat, maka wisata Bukit Selong sudah tidak jauh lagi sehingga Kamu bisa bersiap-siap.

Harga Tiket Masuk Bukit Selong

Sudah tidak sabar untuk melihat langsung keindahan Bukit Selong ini? Kamu harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tapi, jangan khawatir karena harga tiket masuk Bukit Selong terbilang sangat murah, yaitu Rp 3.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara. Jadi, Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa berlibur.

Selain tiket masuk, Kamu juga harus mempersiapkan uang untuk membayar parkir, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya. Tidak heran jika wisata Bukit Selong ini selalu dipenuhi oleh wisatawan karena biayanya yang sangat hemat, apalagi jika digunakan sebagai destinasi liburan keluarga.

Fasilitas Bukit Selong

Untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan, pengelola wisata menyediakan berbagai fasilitas, seperti warung makan, area camping, warung kopi, toilet umum, area parkir, spot foto dan lain sebagainya. Dengan fasilitas yang lengkap dan masih terjaga, maka liburan Kamu ke Bukit Selong akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan tidak salah jika nantinya Kamu akan ketagihan.

Bagi Kamu yang sedang mencari destinasi wisata yang indah, memiliki fasilitas lengkap dan juga murah, maka Bukit Selong jawabannya. Jangan lewatkan untuk mengintip keindahan alam yang bisa terlihat dari Bukit Selong. Ajak sanak saudara Kamu untuk liburan ke wisata di Lombok yang memukau ini.