Banyak sekali destinasi wisata di Lombok yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan seperti Bukit Pergasingan. Bukit ini wajib untuk dimasukan ke dalam daftar kunjungan saat berlibur di Pulau Lombok karena kamu akan menemukan keunikan saat mendaki bukit Pergasingan yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Pulau Lombok yang terletak bersebelahan dengan Pulau Bali memiliki banyak keindahan di dalamnya. Bukit Pergasingan sekarang sudah menjadi taman wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kebanyakan wisatawan berkunjung adalah pendaki pemula yang ingin merasakan trek naik gunung. Di bukit ini banyak wisatawan yang datang dari lokal maupun mancanegara.

Bukit Pergasingan terletak di tengah-tengah gunung lainnya, di antaranya Gunung Rinjani. Megahnya Gunung Rinjani dapat dinikmati dari bukit ini, pemandangan yang masih sangat hijau. Banyaknya sawah warga Sembalun, menjadikan pemandangan dari atas lebih memukau, ditambah suasana tenang dan udara segar menjadikan bukit ini cocok sebagai tempat berlibur.

Pendakian Hanya 2,5 Jam Untuk Mencapai Puncak Bukit

Dalam melakukan perjalanan menuju puncak Bukit Pergasingan Lombok, kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam saja. Untuk pendaki pemula biasanya dapat mencapai puncak dengan 3 jam. Namun, berbeda lagi jika pendaki sudah kerap menaiki gunung, waktu 2 jam pun terasa cukup untuk mendaki sampai ketinggian maksimal bukit Pergasingan ini.

Biasanya pendakian di Bukit Pergasingan dilakukan sebagai ajang latihan sebelum mendaki di gunung paling megah di Indonesia yaitu Gunung Rinjani. Sudah banyak dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah membuat bukit Pergasingan tidak pernah sepi pengunjung. Dengan ketinggian yang normal ini sering digunakan tempat olahraga ekstrem.

Para pendaki mulai menyusuri jalur pendakian biasanya mulai dini hari untuk mendapatkan sunrise yang muncul dibalik Gunung Rinjani. Pendakian bisa dilakukan tidak melakukan camping. Walaupun kamu baru mendaki di siang hari, disini akan ada sunset yang masih bisa dinikmati pesona keindahannya. Cantiknya senja menghiasi sore hari di Bukit Pergasingan Lombok.

Namun, apabila kamu ingin memutuskan menginap semalam, perhatikan hal penting sebelum melakukan pendakian. Pastikan sudah menggunakan pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari suhu di malam hari. Suhu berkisar 13 derajat celsius. Jika tidak terlalu membawa banyak bekal, akan ada mata air di dekat puncak bukit ini.

Menikmati Berbagai Aktivitas di Bukit Pergasingan

Ketika kamu berada di Bukit Pergasingan, akan ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di bukit tersebut. Camping merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh banyak pendaki. Untuk menikmati pemandangan alam di bukit Pergasingan, kamu bisa mencoba untuk melakukan camping semalam bersama teman terdekat maupun orang tersayang.

Hal lain yang bisa dilakukan di Bukit Pergasingan Lombok adalah paralayang. Para wisatawan bisa menikmati terjun dengan bebas menggunakan paralayang. Menikmati keindahan pemandangan sawah-sawah yang hijau menjadikan liburan semakin menakjubkan. Dalam melakukan terjun bebas, kamu akan didampingi oleh orang profesional, jadi tidak perlu takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bukit Pergasingan yang berlokasi di Sembalun, Lombok Timur ini sudah dijadikan tujuan utama para turis mancanegara. Dari pusat kota yaitu Mataram, bukit ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih selama 3 jam. Selama perjalanan menuju bukit, wisatawan akan melihat pemandangan hijau di sepanjang jalan.

Untuk bisa menikmati pemandangan keindahan dari Bukit Pergasingan hanya perlu mengeluarkan uang sekitar  10 ribu rupiah. Sebaiknya sebelum melakukan pendakian kamu berada dalam kondisi sehat, fit, siap mental dan fisik. Karena banyak sekali antusias masyarakat untuk datang langsung mengunjungi destinasi wisata di Lombok yang satu ini.