Wisata di Lombok memang selalu memikat hati siapa saja untuk datang berkunjung. Banyak pesona alam yang dimiliki Lombok dan bisa dijadikan destinasi pilihan untuk liburan. Salah satunya adalah Tiu Kelep Waterfall. Air terjun yang satu ini berada di kaki Gunung Rinjani dengan ketinggian standar 42 meter dan panorama yang menakjubkan.

Nama Tiu Kelep Waterfall ini terdiri dari dua kata, yaitu Tiu yang artinya kolam dan Kelep artinya terbang. Nama ini cukup unik didengar oleh orang luar daerah itu. Akan tetapi, Kamu akan lebih takjub dengan pemandangan dari tempat ini. Untuk membuktikan sendiri keindahan yang dimiliki air terjun ini, tidak ada salahnya Kamu menambahkan Tiu Kelep Waterfall ke dalam list destinasi yang akan Kamu kunjungi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Sebelum Kamu berkunjung ke air terjun Tiu Kelep, ada baiknya jika Kamu tidak melewatkan Sendang Gile untuk merasakan guyuran air atau hanya menikmati pemKamungannya. Setelah itu, Kamu harus melewati perjalanan yang membutuhkan waktu standar 1 jam. Dalam perjalanan ini, Kamu akan dibawa untuk berjelajah hutan, menaiki tangga dan jembatan beton.

Selama perjalanan pun Kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam dan kesegaran udaranya. Kamu juga akan melalui sungai-sungai kecil yang dipenuhi bebatuan jadi Kamu harus berhati-hati ketika melaluinya agar tidak tergelincir. Apabila Kamu sudah berjarak 20 meter dari air terjun tersebut, maka suara gemericik airnya pasti sudah terdengar. Sudah tidak sabar untuk sampai, bukan?

Fasilitas di Tiu Kelep Waterfall

Jika Kamu haus atau lapar ketika sesampainya di air terjun Tiu Kelep ini, maka tidak perlu khawatir karena banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman. Kamu bisa menemukan berbagai menu makanan dan minuman yang sangat pas untuk dikonsumsi di udara yang sejuk tersebut sambil menikmati pemandangan air terjun yang menawan.

Selain itu, Kamu juga bisa menemukan fasilitas berupa akomodasi yang nyaman dan tentu terjangkau. Keberadaan akomodasi ini sangat membantu para pendaki yang ingin menginap dan bermalam di daerah tersebut karena memang Tiu Kelep Waterfall masuk dalam jalur pendakian Gunung Rinjani. Jadi, banyak pendaki yang melalui area ini.

Harga Tiket Masuk ke Tiu Kelep Waterfall

Untuk menikmati keindahan alam yang paripurna ini, Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena cukup dengan Rp 10.000, Kamu sudah bisa masuk dan menikmati pemandangan di Tiu Kelep Waterfall. Murah, bukan? Kamu juga perlu menyiapkan uang untuk membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000. jadi, hanya dengan Rp 15.000, Kamu sudah bisa berlibur di sini.

Sedangkan, untuk harga penginapannya cukup bervariasi, tergantung dengan fasilitas yang disediakan dan lokasinya. Pilihlah penginapan yang berlokasi tidak jauh dari air terjun tiu kelep sehingga Kamu masih bisa merasakan suasana di air terjun, meskipun sedang berada di penginapan sehingga liburan ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Akses Jalan Menuju Tiu Kelep Waterfall

Tidak mudah memang untuk bisa mencapai lokasi Tiu Kelep Waterfall. Kamu harus melakukan pendakian dari pintu masuk ke Sendang Gile standar 15 menit, kemudian dari Sendang Gile menuju Tiu Kelep Waterfall dibutuhkan waktu standar 45 menit. Kamu juga bisa menggunakan angkutan umum dengan jalur Lendang Bajur sehingga lebih mudah.

Meskipun perjuangan untuk sampai ke Tiu Kelep Waterfall ini cukup besar dan dibutuhkan waktu yang cukup lama, tapi dijamin Kamu tidak akan menyesal sesampainya di lokasi air terjun. Gemericik air yang menyegarkan, udara yang sejuk dan air yang jernih akan membuang penat dan lelah Kamu selama perjalanan menuju destinasi wisata di Lombok.