Wisata di Lombok selalu menyuguhkan destinasi dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Tidak heran jika Lombok menjadi destinasi yang paling dicari saat musim liburan. Bahkan, rasanya kita tidak pernah bosan untuk kembali lagi dan lagi ke berbagai destinasi yang ada di Lombok. Kamu pasti juga merasakannya, bukan?

Lombok memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah air terjun. Jika Kamu berkunjung ke Lombok Tengah pasti tidak bisa terlepas dari destinasi air terjun Stokel yang memesona. Sudah banyak wisatawan yang membuktikan sendiri bagaimana keindahan alam yang dimilikinya dan Kamu pun wajib menyimaknya lebih lanjut.

Pesona Air Terjun Benang Stokel

Mendengar namanya saja pasti Kamu sudah tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata air terjun Stokel. Benang Stokel merupakan bahasa lokal dari suku sasak yang artinya segumpal darah sehingga kesan mistis pun akan terlintas di benak Kamu. Terlepas dari arti nama air terjun tersebut, Kamu akan menemukan dua air terjun di kawasan ini.

Air terjun Stokel memang memiliki dua air terjun yang sering disebut sebagai air terjun kembar. Keberadaan air terjun kembar ini menjadi daya tarik tersendiri yang mungkin tidak bisa Kamu temukan di destinasi air terjun lainnya. Selain itu, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20meter dan debit air bisa dibilang cukup besar saat musim hujan.

Legenda Air Terjun Benang Stokel

Seperti beberapa destinasi wisata yang diselimuti dengan kisah mistis, begitu juga dengan wisata air terjun Stokel ini. Konon, Dewi Anjani menjadikan air terjun ini sebagai tempat untuk membersihkan diri. Bagi masyarakat Lombok, Dewi Anjani merupakan sosok dewi yang begitu cantik dan tinggal di Gunung Rinjani.

Masyarakat setempat percaya bahwa Dewi Anjani turun pada waktu-waktu tertentu dari Gunung Rinjani untuk mandi atau membersihkan rambutnya di air terjun ini. Mitos ini yang membuat banyak wisatawan mandi beramai-ramai mandi di bawah air terjun Stokel. Mereka percaya bahwa setiap kali mandi, mereka akan terlihat lebih muda satu tahun. Tidak ada salahnya jika Kamu mencobanya sendiri.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Wisata air terjun Stokel ini berada di Desa Aiq Beriq, Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Jika Kamu memulai perjalanan dari Kota Mataran, maka dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menempuh jarak 30km dengan sepeda motor dan 60 menit dengan mobil. Kondisi jalannya cukup bagus dengan Paving Blok sehingga Kamu bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.

Bagi Kamu yang ingin berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, maka Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya parkir, yaitu Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jadi, Kamu bisa berlibur ke destinasi yang penuh pesona dengan biaya yang sangat hemat. Liburan pun tidak perlu harga yang mahal.

Destinasi Terdekat yang Bisa Dikunjungi

Jika Kamu sudah puas dengan destinasi air terjun Stokel, rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke air terjun Benang Kelambu juga karena hanya berjarak 1km dari Stokel. Keindahannya pun tak kalah dengan air terjun Stokel jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang melanjutkan perjalanan ke air terjun Benang Kelambu.

Dengan dua destinasi air terjun ini, dijamin Kamu akan enggan untuk kembali pulang karena terlalu betah berlama-lama di air terjun Benang Stokel maupun Kelambu. Liburan ke Lombok akan terasa kurang jika tidak mengabadikan tiap momen dalam foto. Dijamin, liburan Kamu ke wisata di Lombok ini akan menjadi pengalaman berkesan dan tak terlupakan.