Tiu Pituq, Wisata Di Lombok Dengan 7 Kolam Air

13. Pesona Tiu Pituq Air Terjun Dengan 7 Kolam Lombok Island

Air terjun Tiu Pituq adalah salah satu  keindahan Indonesia yang dijadikan wisata di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Wisata ini terkenal dengan 7 kolam air yang terpagar dengan aneka batu-batuan cadas bercorak hitam. Lokasi sekitarnya masih hijau dan asri membuat siapapun akan jatuh hati dengan wisata yang satu ini.

Daerah Lombok Utara memang terkenal dengan keindahan jenis wisata air ini. Di antara banyaknya air terjun memesona, yang satu ini adalah salah satu dengan lokasi yang dapat diakses secara mudah dan cepat. Dibanding akses ke tempat lain harus melakukan trekking, menelusuri jalan yang berlubang, mendaki sampai dengan menelusuri di sungai.

Untuk mengunjungi air terjun ini kamu bisa melakukan perjalanan ke Dusun Penjor, Desa Genggelang, Gangga. Selanjutnya perjalanan dari area parkir ke lokasi hanya memakan waktu sekitar 10 menit. perjalanan ini tidak akan terasa lelah dan lama karena di sepanjang jalannya wisatawan dapat melihat hutan hijau khas daerah perbukitan.

Tujuh Air Terjun

Secara harfiah Tiu Pituq Lombok memiliki arti air terjun dengan tujuh buah kolam. Kolam-kolam tersebut antara lain Tiu Tawah, Tiu Tinggi, Tiu Bunder, Tiu Ras, Tus Alat-Alat, Tiu Lisung, dan Tiu Serungga. Meski wisata ini baru dibuka pada awal tahun 2017, keindahannya sudah banyak memikat wisatawan. Apalagi ditambah dengan tiket masuk yang hanya Rp.5.000 per orang.

Kamu dapat memilih untuk berfoto, bermain air, ataupun berenang di kolam mana saja dalam kolasi tersebut. Jika ingin melakukan atraksi terjun dan melompat untuk berenang, wisatawan tidak perlu takut terkena batu cadas di sekitarnya karena bebatuan tersusun dengan rapi dan alami dan juga kolam air yang dalam.

Tujuh kolam ini tersusun secara bertingkat dan memiliki air terjun kecilnya masing-masing. Kalau kamu adalah pencita berenang di curug, maka berkunjunglah ke sini saat musim hujan  dan debit air besar ataupun normal. Sebab, memasuki musim kemarau debit air di banyak wisata, termaksuk Tiu Pituq Lombok, akan berkurang kedalaman kolamnya. Di atas kolam-kolam ini dibangun jembatan berwarna merah bata.

Eksotisme Instagrammable

Bisakan kamu menebak kenapa disebut sebagai salah satu spot untuk foto yang indah dan instagrammable. Mulai dari kolam-kolam dengan air yang jernih yang bisa dipilih sendiri. Ada juga tebing-tebing batu besar dengan vegetasi hijau di atasnya, juga pohon rindang di sekitar air terjun yang  sangat menawan.

Bahkan jika ingin berfoto lebih instagrammable lagi, pihak pengelola wisata ini menyediakan spot foto yang bernama “lope-lope” dengan bentuk hati juga berbentuk kupu-kupu. Namun, apabila kamu lebih suka pose natural dan alami cobalah untuk mengambil gambar duduk di bebatuan pinggir sungai sambil berpose mendengarkan gemercik juga suara air.

Dinding batu curam disekitar Tiu Pituq Lombok kadang diselimut dengan lumut dan tanaman pakis hijau yang sangat menyejukan mata. Untuk mencoba pose natural kamu busa duduk pada beberapa bagian dinding yang menonjol dan menikmati suara air yang berjatuhan dari puncak. Atau untuk gaya yang lebih lucu lagi coba berfoto dibawah tepat dibawah air terjun.

Ada satu lagi spot foto untuk kamu yang lelah bermain air dan ingin bersantai menikmati pemandangan. Nama lokasi ini adalah Bruga. Bruga adalah bendeng kecil yang digunakan wisatawan sebagai tempat bersantai. Lokasinya tidak jauh dari jembatan merah tadi. Bentuknya seperti bale-bale bambu dan biasanya digunakan untuk berfoto sambil duduk. Tiu Pituq memang memiliki keindahan yang menawan. Kamu harus dating ke sini untuk menikmati keindahan air terjun wisata di Lombok ini.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.

Categories

Social widget

Subscribe